06 May 2013

RPP Bahasa Indonesia, Kelas VII, KD 11.3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMP ...................................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/2
Standar Kompetensi : 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan
                                             membaca memindai.
Kompetensi Dasar     : 11. 3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel yang dibaca.
Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)

I.                   Tujuan Pembelajaran
·        Peserta didik mampu  mengenali bagian - bagian tabel dengan cermat.
·        Peserta didik mampu  menemukan  informasi tabel dengan cepat.
·        Peserta didik  mampu  mengubah tabel dalam bentuk narasi dengan tepat.
Ø    Karakter siswa yang diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )                                
II.               Materi Pembelajaran  
A.      Cara sederhana membaca tabel adalah :
1.      Bacalah judulnya karena dari judul akan diketahui gambaran isinya.
2.      Bacalah keterangan yang ada di atas, di bawah, atau disisinya. Keterangan merupakan kunci penjelasan tentang data yang akan disampaikan.
3.      Ajukan pertanyaan tentang isi tabel atau diagram itu dengan cara mengubah judul menjadi pertanyaan yang jawabannya ada dalam tabel atau diagram itu

B.       Tabel dapat diubah menjadi bentuk uraian. Langkah-langkah mengubah tabel menjadi uraian:
1.      Gagasan utama tempatkan pada awal paragraf
2.      Mulailah memerinci dengan angka tertinggi atau informasi yang terpenting lebih dahulu, baru diikuti ikuti informasi selanjutnya.
           
VI.         Metode Pembelajaran
·         Tanya Jawab
·          Penugasan
·          Diskusi

VII.           Langkah - Langkah Pembelajaran                                                    
1.  Kegiatan Awal
·        Guru menjelaskan secara singkat materi pokok pembelajaran.
·        Guru menjelaskan secara singkat SK, KD dan tujuan pembelajaran.
·        Guru menjelaskan manfaat pembelajaran bagi siswa.
2.  Kegiatan Inti
a.  Eksplorasi
·        Guru menampilkan contoh tabel .
·        Peserta didik mengamati contoh tabel dengan cermat.     
·        Guru menugaskan peserta didik untuk mengamati bagian – bagian tabel.
·        Peserta didik mengamati  bagian-bagian tabel dengan cermat.    
b.  Elaborasi
·        Guru menugaskan peserta didik mencari bagian – bagian tabel .
·        Peserta didik mengidentifikasikan bagian – bagian tabel dengan tepat.
·        Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang bagian – bagian tabel dengan  saksama.
·        Guru menugaskan peserta didik untuk mengenali data dan informasi dalam tabel dengan teliti.  
·        Peserta didik menemukan informasi secara cepat dari tabel dengan teliti.
·        Peserta didik bersama guru bertanya jawab tentang informasi yang ditemukan dalam tabel  dengan saksama.
·        Peserta didik menyusun kalimat berdasarkan informasi yang ditemukan dengan tepat.
·        Peserta didik menyusun kalimat – kalimat berdasarkan informasi menjadi menjadi bentuk narasi dengan kreatif.
·        Peserta didik membacakan narasi isi tabel dengan saksama.
c.   Konfirmasi
·        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan pada peserta didik dalam menemukan bagian – bagian tabel.
·         Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum menemukan informasi dalam tabel.
3. Kegiatan Akhir
·        Guru  bersama-sama dengan peserta didik  membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
·        Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksana.

VIII.        Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat
·        Contoh tabel dari LCD
2.      Sumber Belajar
·        Buku Penunjang Pelajaran Bahasa Indonesia
·        Sumber yang mendukung lainnya (internet)

              IX.        Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·    Mampu mengenali bagian-bagian tabel
·    Mampu menemukan makna/isi ta­bel
·    Mampu mengubah tabel dalam bentuk uraian
Penugasan 
Rubrik

1. Sebutkan 5 informasi dari tabel
    Pada buku paket halaman 119!
2. Ubahlah Tabel dibawah ini menjadi uraian atau narasi!
     
X.          Pedoman Penskoran
No.
Kegiatan
Skor
1
Mampu menemukan 5 informasi secara tepat dari tabel
50
 2
Siswa mampu mengubah tabel menjadi bentuk narasi dengan baik
50
Jumlah
100
 
                   Mengetahui,                                                                      Surabaya,     Mei 2013
   Kepala SMP___________________                                                Guru Mata Pelajaran



  _____________________________                                            ________________________

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete